Cahaya Kemuliaan Punya Tanggung Jawab Besar – Liputan Pentahbisan Gedung Gereja Cahaya Kemuliaan

Ibadah Perdana – Pentahbisan Gedung Gereja Cahaya Kemuliaan Jemaat GPM Rumahtiga (27/8/2017)

Rumahtiga – Jemaat GPM Rumahtiga kembali memiliki satu gedung gereja baru setelah Cahaya Kemuliaan ditahbiskan kemarin (27/8/2017). Pentahbisan dan ibadah perdananya dipimpin langsung oleh Ketua MPH Sinode GPM Pendeta A. J. S. Werinussa, MSi. Selain itu, tampak hadir pula Wakil Gubernur Maluku Bapak Zeth Sahuburua yang turut menandatangani prasasti peresmian gedung gereja yang digumuli selama 20 tahun ini.

Dalam Khotbahnya yang disasari teks Alkitab dari Ester 7 : 1-10, Werinussa mengingatkan bahwa; “Gedung gereja ini ada dalam rangkaian dari pertumbuhan  spiritualitas umat. Sikap Ester yang berpuasa bagi keselamatan bangsanya mengajarkan bagi kita, bahwa setiap orang musti konsisten, musti berjuang sungguh – sungguh.   Karena itu, sebelum kita mentahbiskan gedung gereja ini, seharusnya umat  mentahbiskan hatinya untuk masuk dalam rumah yang baru ini. Ester pun mampu menggugah suatu tata Krama Kerajaan yang sangat lama dibangun dan punya kewibawaan hanya dengan meminta umat itu terkosolidasi dalam satu aktifitas berpuasa. Hal ini menjadi penting untuk diperhatikan. Suatu perjuangan bila dikerjakan sendirian tidak memberikan dampak bererti. Gereja ini lahir dari kerjasama dalam spirit jemaat yang kokoh. Kerjasama dan Spirit jemaat adalah jantung pelayanan gereja. Jika jantung itu berhenti bekerja maka tugas kesaksian dan pelayanan gereja akan berhenti dengan sendirinya. Pada hakekatnya Kerja bersama – sama adalah kebenaran Kristen yang mestinya kita teladani. Disekitar Gedung Gereja ini juga nantinya akan mengalami berubahan besar akibat perencanaan pembangunan kota. Mendahului proses besar itu, gereja ini telah ditahbiskan. Dengan demikian, gedung gereja ini memiliki tanggung jawab yang sangat besar bagi  keberadaan dan dinamika pembangunan itu. karena itu, jadilah seperti Ester yang berjuang dengan iklas dan bijak dalam menghadapi berbagai dinamika hidup”.

Gedung Gereja Cahaya Kemuliaan mulai dibangun dengan peletakan batu pertamanya pada tanggal 29 Juni 1997. Aktifitas pembangunan ini sempat terhenti akhibat konflik sosial yang mendera Maluku dan memaksa Jemaat GPM Rumahtiga harus bergumul di diaspora. Setelah kembali ke bumi Hukuinalo, Jemaat kembali membenahi sistem pelayanan serta pembangunan kembali Rumah Tuhan di tengah – tengah jemaat ini. Setelah melewati pergumulan 20 tahun 1 bulan itu, akhirnya Gereja yang berada dalam wilayah pelayanan Sektor Pisga – Rumahtiga ini titahbiskan dan diresmikan penggunaannya pada tanggal 27 Agustus 2017. Hingga saat ini Jemaat GPM Rumahtiga telah memiliki 6 buah bangunan gedung gereja yang digunakan sebagai wadah pergumulan maupun tempat pembinaan spiritualitas umat.

Watch this video on YouTube or on Easy Youtube.

(GP)

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *